Sunday 22 February 2015






Selamat datang di blog DhamSky 
dalam postingan kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana caranya membuat mesin download tanpa PC atau Laptop kerenkaannn :) yang di mana pc anda tidak perlu lagi tinggal download berjam jam bahkan sampai tinggal tidur untuk mendownload sebuah file yang ukurannya besar. ini akan membuat pc anda menjadi kurang efisien dalam pemakaian.

okey langsung saja untuk membuat mesin download memerlukan sebuah Rooter yang di lengkapi dengan adanya usb port dan sudah di instal firmware OpenWrt (Apa Itu OpenWrt..?) dalam halini saya menggunakan Router Tl-MR-3020 yang sudah saya instal openwrt pastinya.

Bahan yang di butuhkan :
  1. Router berbasis OpenWrt dan memiliki usb port
  2. internet
Software yang di perlukan:

  1. putty
  2. aria2 webui
Langkah yang di lakukan :


buka software putty lalu login ke router 
pastikan router mendapatkan koneksi internet

  1.  ketik:
     opkg update
          setelah selesai ketik opkg install aria2 
          setelah selesai terdownload

   2. ketik :
cd /tmp
lalu ketik aria2c --check-certificate=false https://github.com/ziahamza/webui-aria2/archive/master.zip
setelah selesai terdownload
selanjutnya ketik opkg install zip unzip


3. ketik :
unzip webui-aria2-master.zip
selanjutnya buat folder directory ketik mkdir -p /www/webui
berikutnya kita mengcopy file download tadi tengan cara mengetik cp -a webui-aria2-master/* /www/webui



4. selanjutnya kita buat directory aria2, file log dan config  ketik :
         mkdir -p /etc/aria2
     masuk ke file aria2.log dengan mengetik echo "" > /etc/aria2/aria2.log
     berikutnya buat file aria2.conf dengan perintah edit sebagai berikut :
         vi /etc/aria2/aria2.conf



5. setelah masuk editor vi tekan i, isi sbg berikut :

dir=/mnt/sda1/download #directory save di storage
enable-rpc=true
rpc-listen-port=6800
rpc-listen-all=true
check-integrity=false
file-allocation=none
log=/etc/aria2/aria2.log 
console-log-level=warn

jika suda selesai  lakukan perintah tekan esc, lalu  shift + Z + Z untuk save dan close editor.




6. berikutnya kita edit juga di file rc.local dengan melakukan perintah :
               vi /etc/rc.local

setelah masuk ke editor vi, tekan i tambahkan baris baru seperti di bawah ini, letakan sebelum exit0

aria2c --conf-path=/etc/aria2/aria2.conf --daemon=true

jika sudah selesai tekan esc, lalu  shift + Z + Z untuk save dan close editor.

langkah terakhir reboot router anda
dan masuk ke 

http://localhost/webui
contoh : 192.168.1.1/webui 

maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini :






29 comments:

  1. Replies
    1. siipp gann makasih telah berkunjung di blog saya ini hehe..;)

      Delete
  2. Replies
    1. siipp gann terimakasih atas kunjungannya gan sukses terus oprek Router nya gan hehe

      Delete
  3. gan,,maaf ,ini sumber internetnya dr mana?modem ato gmn?soalnya tplink mr3020 saya ko ga bisa share wifi y?apa harus seting lg?posisi modem usb di router 3020,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo gan sumber internet saya ini berasal dari wifi mode client ke isp langganan gan bukan pakai modem
      kemungkinan mesti di setting lagi itu gan..kalo untuk di share wifi nya

      Delete
    2. Masuk ke netwotk trs ke wifi trs enable

      Delete
  4. biar bisa torrent gimna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung,
      untuk torrent file saya blum buat postingannya di tunggu yaa :)

      Delete
  5. Apabila muncul file download error kemudian saya cancel apakah file yang sudah terdownload di /tmp akan hilang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung,
      file tidak akan hilang apabila ingin melanjutkan tinga perbaharui link download nya saja maka downloadtan yg sebelum nya gagal akan meneruskan kembali. ini sih pengalaman saya :) semoga membantu

      Delete
  6. Mau nanya gan saya sudah ikuti tutorial diatas tapi kok ga bisa download ya? terus notif seperti ini muncul terus? kira2 kenapa ya gan?

    Oh Snap! Could not connect to the aria2 RPC server. Will retry in 10 secs. You might want to check the connection settings by going to Settings > Connection Settings

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung,
      Untuk masalah seperti itu saya juga di hadapkan dengan notif seperti itu notif itu muncul karena dari aria2 belum sepenuhnya tersinkron ke router,
      biasa nya saya mereload ulang halaman aria2 dan notif itu hilang dengan sendirinya..:)

      Delete
  7. pemisi gan, punya saya kalau di klik add kmudian di tambah link downloadnya terus di start tidak keluar apa2, tidak ada file yg di download. & pada global setting juga tidak bisa di klik. kirakira kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      saya juga pernah kaya gitu gan hehe maklum ini kan modem yang kita maksimalkan fungsinya jadi ada bug nya hehe kalo saya saya restart modemnya gan hehe

      Delete
  8. kendala saat unzip aria2 master muncul pesan disk full ditengah eksekusi, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      di karenakan modem mr3020 memiliki kapasitas yang kecil kita di haruskan untuk membuat extroot agar memori internal beralih ke media storage yang lain misal flashdisk itu memungkinkan kita untuk menginstal berbagai macam kebutuhan yang kita inginkan :)

      cara buat extroot juga ada kok gan di sini coba di telusuri :)

      Delete
    2. Udah do extrot ko gan soalnya buat samba udah bisa. APA perlu di mount dulu?

      Delete
    3. saya sudah exroot dan kapasitas sudah nambah tapi kok masih disk full ya?

      Delete
    4. Blm kebaca kali di routernya coba reset default trs extroot ulang

      Delete
    5. Blm kebaca kali di routernya coba reset default trs extroot ulang

      Delete
  9. root@PULPSTONE:~# opkg install aria2
    Installing aria2 (1.18.7-1) to root...
    Downloading http://downloads.openwrt.org/chaos_calmer/15.05.1/ramips/rt305x/packages/packages/aria2_1.18.7-1_ramips_24kec.ipk.
    Installing libopenssl (1.0.2j-1) to root...
    Downloading http://pulpstone.pw/packages/ramips/rt305x/libopenssl_1.0.2j-1_ramips_24kec.ipk.
    Collected errors:
    * gz_open: fork: Cannot allocate memory.
    * opkg_install_pkg: Failed to unpack control files from /tmp/opkg-xSocXa/libopenssl_1.0.2j-1_ramips_24kec.ipk.
    * opkg_install_cmd: Cannot install package aria2.

    klo bgini gmna solusinya ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      bantu jawab ya di situ di katakan "gz_open: fork: Cannot allocate memory." apakah sebelumnya sudah melakukan extroot..? jika belum coba untuk melakukan extroot guna untuk menambah kapasitas memori

      Delete
  10. saya sdh ikuti tutor tersebut tp pas saya buka web aria ada tulisan snap bs d bilang rpc tdk terhubung jd saya masukan perintah d putty aria2c --enable-rpc --rpc-listen-all=true --rpc-allow-origin-all sukses terhubung tp pas saya close putty nya balik k eror snap lg rpc tdk terhubung gmn solusinya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      perintah ini di tempatkan di rc.local guna untuk memulai saat pertama kali router di hidupkan

      aria2c --conf-path=/etc/aria2/aria2.conf --daemon=true

      jika di lakukan pemanggilan menggunakan putty tentu bisa tapi ketika di close otomatis perintah akan stop maka dari itu perintah ini mesti di letakan di rc.local

      jika ada notif snap error coba setelah mengikuti langkah di atas agan coba melakukan restart routernya dalam langkah ini saya menggunakan router tl-mr-3020 dan saya juga masih menemukan snap error tapi pas saya restart berjalan lancar :)

      Delete
  11. saya sudah berhasil setting samba server di 3420
    yang saya ingin tanyakan,bagaimana cara download nya tetap jalan meski laptop dimatikan.padahal target tujuan file sudah di set di flashdisk yg ada di 3420.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      lohh hubungan laptop dengan 3420 kan untuk set url download sisanya udah tinggal serahin 3420 aja gan kalo laptop mau di matikan itu downloadtan gak berpengaruh karna udah ter set di 3420

      Delete
  12. Kalo udh selesai download brarti kan hasi downloadnnya di simpen di flash disk nah cara ngambil filenya gimana ?? Di cabut kah??

    ReplyDelete
  13. Terimakasih banyak saya berhasil :D

    ReplyDelete

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!