Monday 2 February 2015




Selamat datang di blog saya Dhamsky
kali ini saya akan memberikan tutorial bagai mana cara nya membuat CCTV yang murah menggunakan Router yang sudah di bekali dengan Openwrt saya sendiri sudah berhasil menerapkan di "router mr3020" saya, dan menggunakan webcam "komic" berkat bantuan si agan Johan Rusli dan teman teman di grup OpenWrt Indonesia terimakasih gan hehe :)

okey langsung saja ke TKP nya cara ini saya dapat dari grup facebook openwrt indonesia  namun saya tulis ulang di blog saya guna untuk mempermudah saya untuk mengingatnya kembali :)

Bahan yang di butuhkan :


  1. Webcam PC (mau bekas atau baru itu terserah anda)
  2. Router yang ada port USB (contoh:mr3020)
  3. Flashdisk(yang sudah di partisi extroot) cara Extroot
  4. USB hub (pastikan yang harga standar jangan murahan ) 

Software yang di butuhkan :
  1. puTTY
  2. WinSCP

Setting di PuTTY :


1. Buka software Putty yang sudah di download lalu masukan "IP ROUTER ANDA "
isikan port:22  connection type : ssh  lalu open nanti akan ada halaman login username :root  password : isikan password router openwrt anda. jika berhasil akan menampilkan halaman seperti gambar 1.1

Gambar 1.1

setelah berhasil di halaman seperti gambar 1.1 lanjut install paket yang di butuhkan untuk CCTV, webcam jangan di pasang dulu.:

ketik atau copy paste printah di bawah ke jendela putty :
  • opkg install kmod-video-uvc kmod-video-core mjpg-streamer
tunggu hingga selesai.






Selanjutnya Cara setting ke router :

1.buka WinSCP lalu ikuti seperti gambar 1.1 di bwah ini :
         1.pastikan : SCP
         2. masukan ip router anda
         3. isikan port :22
         4. isikan username : root
         5. masukan password router anda
         6. login

Gambar 1.1






 2. jika berhasil masuk akan menampilkan halaman seperti di gambar 1.2 dimana file router ada di bagian kanan dan file pc ada di bagian kiri .

Gambar 1.2






 3. Agar aplikasi bisa berjalan saat reboot secara otomatis :

edit file /etc/config/mjpg-streamer menjadi:

config mjpg-streamer core   
option enabled        "1"   
option device        "/dev/video0"   
option resolution    "320x240"   
option fps        "5"   
option www        "/www/webcam"   
option port        "8080"   
option quality    "80"   
option yuv        "on"

lihat gambar 1.3 :
        1.lokasi file mjpg streamer ada di /etc/config/mjpg-streamer
        2.jika ketemu double klik  pada mjpg streamer nanti akan muncul jendela baru seperti              di gambar 1.3 sebelah kiri
        3. tambahkan perintah  seperti gambar 1.3
             option quality    "80"   
             option yuv        "on"

Gambar 1.3



 4. kemudian edit file /etc/init.d/mjpg-streamer dengan cara menambahkan yang dicetak tebal
dibagian yang sesuai:

-------
config_get device "$s" 'device'   
config_get resolution "$s" 'resolution'   
config_get fps "$s" 'fps'     
config_get www "$s" 'www'   
config_get port "$s" 'port'   
config_get quality "$s" 'quality'   
config_get yuv "$s" 'yuv'

.........
.........

service_start /usr/bin/mjpg_streamer --input "input_uvc.so \        --device $device --fps $fps
 --resolution $resolution --quality $quality --yuv $yuv" \        --output "output_http.so --www $www --port $port"

---------

lihat pada gambar 1.4 di bawah ini:


Gambar 1.4




5. tahap terkhir 

Aktifkan startup nya ketik atau copy paste di jendela putty:

/etc/init.d/mjpg-streamer enable


Lakukan pengecekan webcam di router: 

1. Selanjutnya tancapkan webcam ke hub dan Cek webcam anda di jendela putty apakah sudah terdeteksi "video0"
buka putty lalu login ketik perintah 

   ls /dev

nanti akan seperti gambar 1.1 di bawah ini:


Gambar 1.1

jika sudah seperti di gambar 1.1 itu tanda nya webcam anda telah siap untuk CCTV :) lakukan perintah reboot di jendela putty untuk memulai CCTV anda secara otomatis pastikan semua telah tersambung ke raouter seperti flashdisk extroot,webcam,hub
tunggu hingga lampu router tidak berkedip sampai lampu indikator router menyala normal.





2. jika sudah normal ketik http://IP  ROUTER :8080 anda di webbrowser  seperti pada gambar 1.2 di bawah ini:

Gambar 1.2

jika muncul halaman seperti gambar 1.2 tandanya anda berhasil membuat CCTV menggunakan Router selamat :)

Keterangan :

http://192.168.1.1:8080/stream.html    (untuk streaming video)


Saran :
apabila erorr
pastikan webcam sudah terdeteksi "video0"
jika terjadi erorr pastikan usb hub anda setabil bila di gunakan di pc untuk di sambungkan webcam.



sekian postingan saya kali ini jika ada salah dalam pengetikan mohon di maklumi :)



Sumber : 

http://openwrt.org
http://johanrusli.blogspot.com/
https://www.facebook.com/groups/openwrt



51 comments:

  1. sore gan, ini bisa diakses lewat handphone ga?
    jumlah maksimal webcam yang dapat digunakan berapa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo gan ini bisa di akses dengan hp kok tinggal panggil aja ip router nya beserta port ke addressbar browser mozila atau gunakan ipcamviwer di playstore untuk aplikasinya.

      untuk jumlah saya baru mencoba satu webcam gan akan tetapi saya pernah baca di internet bisa smp 4 webcam terkoneksi tapi berhubung saya punya satu webcam, jadi saya cobanya cuma satu aja hehee...

      Delete
    2. malem gan hehe makasih balasannya..
      (opkg install kmod-video-uvc kmod-video-core mjpg-streamer) itu untuk install paket cctv ke router apa ke komputer yaa? dan apakah routernya juga mesti konek internet?

      Delete
    3. hallo gan ..
      (opkg install kmod-video-uvc kmod-video-core mjpg-streamer) itu untuk install paket cctv ke router dengan menggunakan putty sebagai remote terminal nya gan, dan juga mesti terhubung ke internet guna untuk proses download file kmod video uvc dan kmod video core mjpg streamer.:)

      Delete
    4. Membuat Cctv Menggunakan Router Berbasis Openwrt (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Membuat Cctv Menggunakan Router Berbasis Openwrt (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Membuat Cctv Menggunakan Router Berbasis Openwrt (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK ET

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Pagi... Bisa minta tolong setting mjpg_streamer tidak detek webcam. Model webcam sudah compatible dan mendukung format uvc. Saya cek di http://www.ideasonboard.org/uvc/ . Saya coba capture dengan fswebcam ok gak ada masalah. Di bagian mana lagi yang perlu disetting?.Thanks be4.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung :)
      saya bantu jawab sesuai pengalaman saya yaa, saya pernah seperti itu saya cek webcam saya di web http://www.ideasonboard.org/uvc/ dan hasil nya support untuk linux dari berbagai sumber saya telah telusuri di google pada akhirnya masalah ketemu di hardware nya gan yaitu di hub pastikan hub yang agan gunakan itu bukan yang abal abal waktu itu saya beli yang murah meriah hasil nya payahh ketika saya beli baru merek lain hasilnya top gan dan lancar jaya dalam kasus ini sebelum saya ganti hub dengan yang baru status di layar mjpg_streamer itu menampilkan layar kotak abu abu. jika masalah yng agan alami sama seperti saya mungkin solusi ganti hub solusinya.. :) baca post ini gan http://dhamsky.blogspot.co.id/2015/11/jenis-hub-yang-di-gunakan-untuk-extroot.html

      Delete
    2. Terimakasih sarannya nanti saya coba. Yang saya masih bingung sebenarnya driver dan lain-lainnya kan sudah berjalan baik, tapi di mjpgstreamer kok gak ada gambarnya, cuma blank putih.
      Saya coba pakai fswebcam gambar bisa tercapture dan lognya seperti ini :

      root@OpenWrt:~# fswebcam --device /dev/video0 output.jpg --verbose
      main,1609: gd has no fontconfig support
      --- Opening /dev/video0...
      Trying source module v4l2...
      /dev/video0 opened.
      src_v4l2_get_capability,87: /dev/video0 information:
      src_v4l2_get_capability,88: cap.driver: "uvcvideo"
      src_v4l2_get_capability,89: cap.card: "USB2.0 Camera"
      src_v4l2_get_capability,90: cap.bus_info: "usb-ehci-platform-1.2"
      src_v4l2_get_capability,91: cap.capabilities=0x84000001
      src_v4l2_get_capability,92: - VIDEO_CAPTURE
      src_v4l2_get_capability,103: - STREAMING
      No input was specified, using the first.
      src_v4l2_set_input,181: /dev/video0: Input 0 information:
      src_v4l2_set_input,182: name = "Camera 1"
      src_v4l2_set_input,183: type = 00000002
      src_v4l2_set_input,185: - CAMERA
      src_v4l2_set_input,186: audioset = 00000000
      src_v4l2_set_input,187: tuner = 00000000
      src_v4l2_set_input,188: status = 00000000
      src_v4l2_set_pix_format,541: Device offers the following V4L2 pixel formats:
      src_v4l2_set_pix_format,554: 0: [0x56595559] 'YUYV' (YUV 4:2:2 (YUYV))
      Using palette YUYV
      Adjusting resolution from 384x288 to 352x288.
      src_v4l2_set_mmap,693: mmap information:
      src_v4l2_set_mmap,694: frames=4
      src_v4l2_set_mmap,741: 0 length=202752
      src_v4l2_set_mmap,741: 1 length=202752
      src_v4l2_set_mmap,741: 2 length=202752
      src_v4l2_set_mmap,741: 3 length=202752
      --- Capturing frame...
      Captured frame in 0.00 seconds.
      --- Processing captured image...
      Unable to load font 'sans': libgd was not built with FreeType font support

      Disabling the the banner.
      Writing JPEG image to 'output.jpg'.

      Delete
    3. iyaa gann silakan di coba ,
      iyaa saya tau kok pas agan panggil di web browser hasilnya muncul kolom kotak blank abu abu atau putih gitu itu bisa di katakan driver not support padahal ada driver nya
      kalo saya sih waktu itu cuman gara gara hub gan yang abal abal jadi kaya gitu
      coba agan gunakan webbrowser mozila dan chrome bisa juga dengan software media player seperti VLC nanti pilih mode streaming video di vlc nya..

      Delete
  4. keren, ini tutorial yang saya cari,makasih mas.....

    ReplyDelete
  5. iya gan sama sama ,hehe komentar sekalian pasang backlink ya..>,<

    ReplyDelete
  6. -Klw menggunakan HDD ap hrus exroot jg?
    -Dan klw memakai webcam lbih dri 1,ap hrus disetting lgi / lngsung colok aja gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung :),
      tujuan extroot di sini itu untuk melegakan memori pada TLMR3020 gan. kalo agan menggunakan HDD untuk extroot nya ya agan mesti membuat extroot di HDD tersebut guna untuk melegakan memori Router,
      jujur saja saya sendiri blum mencoba penggunaan webcam lebih dari 1 karena saya cuman ada satu webcam :) akan tetapi di grup openwrt luar sudah ada yang mengaplikasikan 4 webcam, dan pastinya di perlukan setting untuk webcam2 yg lain saya pernah baca tutorialnya itu setiap webcame di beri ip static untuk idenditas webcam tersebut misal webcam1 ip:192.168.1.1 webcam2 ip:192.168.1.2 dan seterusnya. jadi butuh setting dulu untuk menggunakan webcam lebih dari 1 agar bisa di gunakan.

      Delete
  7. 192.168.0.1:8080

    404: Not Found!
    Could not open file

    apanya yg salah nich om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal http://192.168.0.1:8080/?action=stream jalan normal

      Delete
    2. Hallo Terimakasih Telah Berkunjung di Blog DhamSky,
      sudah coba di beri Stream.html kah..?

      http://YOUR_IP:8080/stream.html (untuk streaming video)
      http://YOUR_IP:8080/static.html (untuk foto )

      Delete
  8. halo gan, saya udah ngikutin tutorialnya nih
    tapi kenapa webcame ga kebaca di video0 yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo gan biasanya kalo gak kebaca webcamnya belum di support tuh gan coba gunakan webcam lain :)

      Delete
  9. ada ketentuannya ga ya untuk mode switchnya?
    misal harus di 3G/4G, WISP atau AP

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhmm kalo saya sih enggak ada gan soalnyakan firmware udah di ganti ke openwrt jadi pengaturan ada di openwrt semua :)

      Delete
  10. gan mohon banget bantuannya untuk tugas akhir nih, saya ngikutin tutorial tp kenapa pas mau ngedit file /etc/init.d/mjpg-streamer isinya berbeda dengan yg ada di tutorial ini? mohon balasannya

    ReplyDelete
  11. #!/bin/sh /etc/rc.common
    # Copyright (C) 2009-2013 OpenWrt.org

    START=90
    STOP=10

    USE_PROCD=1
    PROG=/usr/bin/mjpg_streamer

    error() {
    echo "${initscript}:" "$@" 1>&2
    }

    start_instance() {
    local s="$1"

    config_get_bool enabled "$1" 'enabled' 0
    [ $enabled -eq 0 ] && return

    config_get input "$s" 'input'
    if [ -z "$input" ]; then
    error "in section '$s' option input is missing"
    return 1
    fi

    config_get output "$s" 'output'
    if [ -z "$output" ]; then
    error "in section '$s' option output is missing"
    return 1
    fi

    local input_arg
    if [ "x$input" = 'xuvc' ]; then
    input_arg="input_uvc.so"

    config_get device "$s" 'device'
    if [ ! -c "$device" ]; then
    error "device '$device' does not exist"
    return 1
    fi
    input_arg="${input_arg} --device $device"

    config_get fps "$s" 'fps'
    [ -n "$fps" ] && input_arg="${input_arg} --fps $fps"

    config_get resolution "$s" 'resolution'
    [ -n "$resolution" ] && input_arg="${input_arg} --resolution $resolution"
    fi

    if [ -z "$input_arg" ]; then
    error "unsuported input option '$input' in section '$s'"
    return 1
    fi

    local output_arg
    if [ "x$output" = 'xhttp' ]; then
    output_arg="output_http.so"

    config_get port "$s" 'port'
    [ -n "$port" ] && output_arg="${output_arg} --port $port"

    config_get www "$s" 'www'
    [ -n "$www" ] && output_arg="${output_arg} --www $www"

    config_get username "$s" 'username'
    config_get password "$s" 'password'
    [ -n "$username" ] && [ -n "$password" ] && output_arg="${output_arg} --credentials $username:$password"
    fi

    if [ -z "$output_arg" ]; then
    error "unsuported output option '$output' in section '$s'"
    return 1
    fi

    procd_open_instance
    procd_set_param command "$PROG" --input "$input_arg" --output "$output_arg"
    procd_close_instance
    }

    start_service() {
    config_load 'mjpg-streamer'
    config_foreach start_instance 'mjpg-streamer'
    }

    service_triggers() {
    procd_add_reload_trigger 'mjpg-streamer'
    }

    ReplyDelete
  12. punya saya isi nya begitu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pakai openwrt apa..? kok beda sih baru tau saya gan

      Delete
    2. punya saya juga sama bang. pake openwrt yang barier breaker

      Delete
    3. ooww gituu kalo waktu itu saya menggunakan "openwrt-15.05.1-ar71xx-generic-tl-mr3020-v1-squashfs-sysupgrade" yg itu gan versi lama bgt hehe

      Delete
    4. versi yang barier breaker itu kalo gak salah di atasnya versi yg saya gunakan gan , maaf jika berbeda saya menulis post berdasarkan yg saya lakukan tujuan agar tidak lupa hehee :)

      Delete
  13. Kenapa hasil capture ip cam seteleah dikirim ke email ukurannya jadi lebih besar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      waahh untuk itu saya kurang tau gan soalnya saya belum mencoba sampai di kirim ke email :)

      Delete
  14. Kalau menurut pendapat agan knp kok tiap dikirim ke email capturannya jd lebih besar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada kesalah pada bagian option resolution yang di miliki openwrt nya gan sehingga ketika di kompresi ke email menjadi tidak sesuai ini baru dugaan saya aja sih :) maaf sebelumnya gan saya belum mencoba jadi blum bisa kasih pendapat takut salah kata hehehee

      Delete
  15. Nice blog bro!!! Visit my blog
    http://ahmadrasyidsalims.blogspot.com/

    Thank's

    ReplyDelete
  16. assalamualaikum
    puTTY dan
    WinSCPnya kok gx mau di donwload

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam gan :)
      link dari adfly nya sedang ada masalah gann :(

      Delete
  17. open wrt nya tipe apa yang dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu saya instal ulang laptop saya jadi saya agak lupa, dan yang ada di hdd-ext saya yg pernah saya backup saya menggunakan openwrt-ar71xx-generic-tl-mr3020-v1-squashfs-factory gan...openwrt versi lama

      Delete
    2. yang gan papar kan diatas udah pernah dipraktek kan,dan apakah berhasil gan?

      Delete
    3. Sudah gan dan hasil nya seperti pada gambar 1.2

      Delete
    4. Sudah gan dan hasil nya seperti pada gambar 1.2

      Delete
    5. instal openwrt nya di tplink gan?

      Delete
  18. gan bisa tunjukan di mana bisa dapat master open wrt ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung ke web resminya gan https://openwrt.org/

      Delete
  19. ada toritorial install open wrt di router nya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cara instalnya saya belum membuat tutorialnya gan akan tetapi di google sudah banyak tutorial cara instal openwrt :)

      Delete
  20. nanya ya gan,,apa bisa utk router mr3220,,apa perintah di putty jg sama dgn totur agan?
    boleh tahu webcam merk apa yg udah pasti support,,punya agan merk apa, seri?

    ReplyDelete
  21. Hallo gan, mau tanya gan saya kan sudah install semua pket mjpg stremer tp ga bisa nampilin gambar juga gan kira" itu salah nya di mana yah apa ada yg kurang. Help please

    ReplyDelete
  22. Membuat Cctv Menggunakan Router Berbasis Openwrt (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Membuat Cctv Menggunakan Router Berbasis Openwrt (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Membuat Cctv Menggunakan Router Berbasis Openwrt (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!