Sunday 1 February 2015




UPDATE POST 22/02/2016 Di Akhir Postingan..!!

Selamat datang di blog DhamSky kali ini saya akan berbagi cara bagai mana membuat extroot di openwrt yang berguna untuk menambah kapasitas internal memori untuk router Exroot merupakan cara untuk menambahkan internal storage yang sudah terinstall OpenWrt dengan memanfaatkan port usb pada router dalam cara ini saya menggunakan flashdisk 2GB  dan router tl mr 3020 yang ada port usb nya .
sebelum melakukan extroot flashdisk kita bikin partisi terlebih dahulu  menggunakan Mini tools Partition Wizard .


Baca juga mengenai Apasih OpenWrt itu biar andatau kelebihannya.

Partisi pertama: 
-Buat partisi swap sebesar 512MB guna untuk melegakan ram

Partisi kedua:
-Buat partisi ext4 gunakan semua sisapartisi yang ada untuk di buat ke ext4

Cara membuat Extroot bahan yang di perlukan :

- MiniTool Partition Wizard Home Edition 8.1.1
-Flashdisk (Minimal 2GB)
-Router yang ada Port USB (contoh:TLMR3020)
-puTTY
- Internet (Gunakan Internet Sharing Dari Laptop Atau PC )
-Jenis Hub yang di gunakan jika untuk HDD-Ext (Saran gunakan hub yang mempunyai power tambahan)

Tahap pembuatan Partition FlashDisk :

1. colok flashdisk yang ingin di partisi ke pc/laptop pastikan pc/laptop telah terinstal software mini tools partition lalu buka mini tools partition akan ada tampilan seperti gambar 1.1 di bawah ini jika flashdisk terpasang di pc/laptop.


 Gambar.1.1







2. klik kanan pada flashdisk yang ingin di partisi lalu pilih Delete ikuti gambar 1.2 di bawah.

Gambar 1.2






3. jika sudah di Delete klik kanan lagi pada flashdisk lalu pilih Create seperti gambar 1.3 di bawah.

Gambar 1.3






4. setelah klik Create akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini  kita buat partisi swap lebih jelas lihat di gambar 1.4
lalu sesuaikan dengan gambar 1.4
        1.Create As pilih Primary
        2. File System pilih Linux Swap
        3. Partition size ketik 512
jika selesai pilih OK

Gambar 1.4







5. selanjutnya kita buat partisi ext4 jika ada pesan pilih yes atau ok, caranya sama seperti membuat swap bedanya file system kita ganti ke ext4 lihat di gambar 1.5 jika selesai pilih OK

Gambar 1.5





6. jika semua sudah kita lakukan dari partisi swap dan ext4 kita tinggal menetapkan nya ke dalam flashdisk pilih Apply di pojok kiri atas lalu pilih ok atau yes
maka tampilan akan seperti gambar 1.6 menandakan sedang di proses ke flashdisk.
tunggu hingga selesai

Gambar 1.6








Menerapkan Extroot Di Router

1. Buka software puTTY  masuka ip router anda di host name (or IP address) port : 22 Connection type: SSH lalu klik Open seperti di gambar 1.1

Gambar 1.1





 2. setelah berhasil login yang di suruh masukan username dan password router, maka akan di bawa ke tampilan seperti di gambar 1.2

Gambar 1.2






3. setelah berhasil login instal ke 3 paket yang di butuhkan pastikan terhubung ke internet routernya :
      - opkg install block-mount
      -opkg install kmod-usb-storage
      -opkg install kmod-fs-ext4
jika ke 3 paket sudah di instal akan menunjukan seperti gambar 1.3

Gambar 1.3







 4. setelah berhasil terinstal bersihkan perintah dengan mengetik  "clear" tanpa tanda kutip
lalu ketik "blkid" tanpa tanda kutip maka akan seperti gambar 1.4

Gambar 1.4







 5. setelah UUID sudah di copy lalu buka web browser di sini saya guakan Google Chrome.
buka openwrt http://192.168.1.1 lalu ikuti petunjuk seperti gambar 1.5  di sini kita mulai setting partition ext4 extroot
Gambar 1.5






 6. kemudian block UUID flashdisk anda lalu  klik kanan untuk copy UUID flashdisk anda UUID=*___uuid flashdisk copy___* seperti gambar 1.6
Gambar 1.6







7. selanjutnya ikuti petunjuk seperti di gambar 1.7

Gambar 1.7







8. jika sudah selesai dari tahap 7 pindah ke advanced setting lalu masukan UUID yang tadi kita copy
lihat di gambar 1.8 jika sudah selesai pilih "save and apply" yang ada di pojok kanan bawah

Gambar 1.8







 9. jika sudah selesai maka tampilan seperti gambar 1.9 di bawah ini itu tandanya kita sudah berhasil partition ext4 nya untuk selanjutnya kita setting partition swap pilih edit lihat gambar 1.9

Gambar 1.9







 10. lalu akan menampilkan halaman seperti gambar 1.10 ikuti gambar 1.10 jika selesai pilih save and apply

Gambar 1.10






 11. jika sudah selesai setting partition swap kita akan di bawa ke halaman ini lagi dan pastikan settingan sudah seperti di gambar 1.11 jika sudah yakin pilih save and apply

Gambar 1.11







 12. cek sebelum di reboot router nya memori internal Router DhamSky seperti gambar 1.12
Hostname nya pun masih nama DhamSky lalu reboot router nya  buka putty ketik reboot
maka router akan restart. biasa kalo restart lampu kedip kedip ;) tungguin lampu nyala normal.

Gambar 1.12







13. selanjutnya kalo router udah gak kedip kedip  lalu buka browser buka openwrt http://192.168.1.1 maka akan terlihat  gambar 1.13 yang di mana tadinya hostname DhamSky berubah menjadi OpenWrt dan meminta pengaturan password kembali itu merupakan titik terang Extroot berhasil :)

Gambar 1.13







14. setelah login oba di cek di System>Software
dann taraaaa proses Extroot berhasil ;)
seperti gambar 1.14

Gambar 1.14



kalo udah begini terserah anda mau di apakan si router mau di cctv,musikplayer,filesharing,mesin download itu terserah deh yaa >,< 
mohon maaf kalo ada salah dalam pengetikan mohon di maklumi ;)


UPDATE POST 22/02/2016

Selamat datang di blog DhamSky,
di postingan ini saya akan mengupdate menambahkan sedikit tulisan mengenai Membuat Extroot di OpenWrt Lengkap Dengan Gambar (DhamSky).

Ketika beberapa kali saya melihat komentar pada postingan ini di dalam komentar ada yang menanyakan Type Openwrt apakah yang saya gunakan..?
dan bisakah di gunakan di Openwrt Chaos Calmer 15.05 for TL-MR3020...?

Pada saat saya melakukan Tutorial ini saya menggunakan :
- Openwrt Type : openwrt-ar71xx-generic-tl-mr3020-v1-squashfs-factory.bin
yaitu Openwrt dengan versi yang lama jika anda ingin mendapatkan versi yang Lama bisa download link di bawah ini:

DOWNLOAD : openwrt-ar71xx-generic-tl-mr3020-v1-squashfs-factory.bin(Versi Lama)

dan untuk pertanyaan bisakah tutorial ini di gunakan di Chaos Calmer 15.05 tutorial ini belum saya coba di Chaos Calmer 15.05 jadi saya belum bisa mengatakan YA atau pun Tidak. Untuk menjawab ini saya akan mencobanya terlebih dahulu lalu akan saya buatkan postingannya ;)


Sedangkan Openwrt yang terbaru saat ini adalah type :
Chaos Calmer 15.05 : openwrt-15.05-ar71xx-generic-tl-mr3020-v1-squashfs-factory.bin
Openwrt Chaos Calmer memiliki tampilan yang baru dan lebih simple
saya kira Openwrt Chaos Calmer hampir sama dengan Ext-ROOter Tampilannya.

sekian Update di Tutorial Membuat Extroot di OpenWrt Lengkap Dengan Gambar (DhamSky)
untuk Openwrt terbaru akan saya buatkan di postingan yang akan datang...

74 comments:

  1. Gan kalo langkah ke 3 gimana gan? Kan router belom bisa dipasang modem, jadi download dari mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa caranya mofem koneksikan ke laptop atau pc nanti dari pc gunakan internet sharing share ke lan local area network set ipv4 lan 192.168.1.2
      submask :255.255.255.0
      nanti di router getway set 192.168.1.1
      beres dehh :)

      Delete
    2. sorry gan getway bukan 192.168.1.1 hp saya auto text
      getway pada router set 192.168.1.2

      Delete
    3. Membuat Extroot Di Openwrt Lengkap Dengan Gambar (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Membuat Extroot Di Openwrt Lengkap Dengan Gambar (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Membuat Extroot Di Openwrt Lengkap Dengan Gambar (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK 5W

      Delete
  2. gan ane udah berhasil internalnya lega. tapi pas gw restart kok jd connection refused ya? trus pas gw matiin total trus nyalain lg malah ganyala2 kedapkedip mulu . pr banget nih gan kayanya brick . haha tolong dijelasin gan itu setelah udah berhasil lega kalo mau install harus gimana .pr bngt nih harus debrick lagi
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan baru sempat di balas karena sibuk dengan perkuliahan hehe
      seharus nya setelah sudah berhasil pastikan di layar luci si router sudah selesai melakukan tugas tugas yg agan berikan jangan di paksa untuk restart kalo di paksa router akan gagal setting jadinya dan ketika di hidup kan akan berkedip saja gak mau masuk ke tampilan luci nya seperti yg agan alami itu..
      kalo masalah download entah itu mau download mjpg streamer atau apa kan bisa menggunakan putty untuk terminal nya :)

      Delete
  3. alhamdulillah....akhirnya saya berhasil setelah kebingungan ngelakuin tutor dari mastah lainya....karena artikel agan yg full image saya bisa....mantap gan lanjooottt............

    ReplyDelete
    Replies
    1. antappp gann hehe..
      makasih atas kunjungan nya gan jangan takut untuk berkarya gan hehee
      dulu pas pertamakali belajar openwrt juga saya kebingungan gan dan sekian lama bertapa di mbah google akhirnya terbuatlah postinan ini hehe

      Delete
  4. Gan ,maaf ,,mau nanya usb hub yg recomend buat exroot mer apa yah?and beli di mn?rencana buat nyolokin usb modem sama Flasdisk / HD external 1TB,,trimaksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Terimakasih telah berkunjung di Blog saya ..,
      berbagai macam jenis hub hampir semuanya bisa di gunakan di openwrt dan di jadikan extroot, dulu pas saya pertamakali mempelejari extroot dan kasus sama seperti yang agan tanyakan ke saya saya menggunakan hub yg murah meriah kisaran harga waktu itu Rp25rb akan tetapi ada kekurangan di balik harga itu gan dengan menggunakan hub kisaran harga seperti itu kita hanya dapat mencoba extroot,soundCard,flashdisk saja untuk di coba di gunakan menggunakan webcam untuk cctv dan colok usb HDDExt gak mampu dipastikan router akan merestart sendiri di karenakan kekurangan daya.
      nah dari masalah yang sudah pernah saya alami di atas saya akhirnya menggunakan usbhub dengan kisaran harga Rp56rb yang di lengkapai dengan power adapter saya menggunakan merek usb7port+poweradapter dengan begini masalah yang agan tanyakan itu sudah bisa kejawab gan saya sendiri sudah mencoba menggunakan webcamera logitech c170 ,hddext transcend 500gb,hddext transcend 1tb,flashdisk toshiba 16gb pada usbhub jenis ini dan hasilnya lancar jayaa :)
      semoga bisa membantu gan maaf kalo balas nya kepanjangan ..:)

      Delete
  5. siang pak router tplink 3020 tidak bisa exroot

    ReplyDelete
  6. cara membuat cache web proxy gymana gan ane punya tp link tl wdr43000 mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo itu saya kurang tau coba gabung di grup openwrt facebook :)

      Delete
  7. Replies
    1. iya gan sama sama ,hehe komentar sekalian pasang backlink ya..>,<

      Delete
  8. sukses...makasih gan...ane bikin NVR pake ruter exroot...
    yg cctv biasa dah berhasil...tinggal yang tipe Onvif..
    makasih gan...bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Terimakasih telah berkunjung di Blog saya ..,
      wihh selamat gan maju terus pantang mundur hehee
      saya senang postingan ini dapat membantu agan :)

      Delete
  9. gan itu work di chaos calmer jg ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Terimakasih telah berkunjung di Blog saya ..,
      wah kalo untuk chaos calmer saya blum coba tuh gan hehe
      untuk postingan yang akan datang akan saya coba tes hehe :)

      Delete
  10. mohon info panduan diatas pake openwrt versi attitude adjustment? mohon bantuan link downloadnya donk atau filenya barangkali. ane kesulitan cari filenya udah pada gak ada yg sediain. kalo pake chaos calmer bisa nggak yah? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo terimakasih telah berkunjung di Blog DhamSky,
      iya gan saya menggunakan versi lama openwrt untuk TL-MR3020 jika agan mau bisa di download di sini saya sudah Upload http://adf.ly/1XJzov

      Semoga Bermanfaat...:)

      Delete
  11. halo.... kok menu sistem > mount point saya hilang yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo terimakasih telah berkunjung di Blog DhamSky,
      biasanya menu mount hilang di karenakan menekan salah satu ceklist...
      kalo saya di flash ulang agar muncul kembali :)

      Delete
  12. copy fw, paket yg udah di instaal dari router ke flashdisk gimana gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo terimakasih telah berkunjung di Blog DhamSky,
      maaf maksudnya seperti gimana ya saya kurang paham..?:)

      Delete
    2. saya udah bisa extroot dg tutorial agan, masalahnya paket2 block-mount, kmod-usb-storage, kmod-fs-ext4 gak muncul di extroot. terlihat pada mount point gak muncul di web lucinya
      apa mesti install lg satu2?
      thanks

      Delete
    3. jika extroot sudah bisa dan menampilkan lokasi space yang besar dari sebelum nya berarti sudah berhasil dan gak perlu instal2 lagi

      Delete
  13. mohon info gan .. package block-mount dan kmod-usb-storage sudah berhasil saya install tetapi untuk package kmod-fs-ext4 gagal saya install lantaran kapasitas sudah tidak muat lagi .. itu bagaimana mengatasinya ya gan .?
    saya menggunakan tp-link mr3420v2 dengan firmware OpenWrt Chaos Calmer 15.05.1

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo gan terimakasih telah berkunjung :)
      mungkin gunakan fd yg ukurannya lebih besar agar dapat menginstal itu semua saya aja pakai yg 2GB minimal

      Delete
    2. apakah cara ini juga bisa digunakan pada tp link mr3220 ??

      Delete
  14. Gan saya pakai fw Ext-ROOter langsung bisa tanpa instal cuma partisi flashdisk doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo gan terimakasih telah berkunjung :)
      maksudnya gimana yaa ..?? setau saya fw ex-rooter flashdisk juga membutuhkan 3 partisi.

      Delete
  15. Replies
    1. ext-rooter juga berbasis openwrt gan bedanya dia di kemas dengan rapih sehingga memudahkan kita untuk pemakaiannya.

      Delete
  16. Gan, tolong dibantu, bagaimana mengecek atau ussd di modem router open wrt luci model movistar asl?
    makasih banyak.

    ReplyDelete
  17. mas saya install kmod-fs-ext4 kok ndak bisa ya? ada tulisan "* verify_pkg_installable: only have 40kb available on filesystem /overlay, pkg kmod-fs-ext4 needs 219" kaya gitu, internalnya udah penuh ya? mohon bantuan segera

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya Kapasitas Penyimpana internal router udah gak muat.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  18. gan setelah partisi di mini tool partizion fdnya tetep di colok dilaptop apa di colok ke router?
    saya sdh install - opkg install block-mount -opkg install kmod-usb-storage -opkg install kmod-fs-ext4, tapi pas ketik blkid uuid ga muncul, itu gmna gan?

    ReplyDelete
  19. Mohon bantuannya gan

    Cerita nya gini, saya baru beli dari teman TPLINK MR 3020 sudah upgrade OPEN WRT. di gunakan untuk menangkap signal wifi terus di sebarkan lagi di dalam rumah. Saat uji coba saya gunakan hotspot dari android dengan keamanan dari android menggunakan WPA2 PSK. Pada kondisi ini berjalan mulus dan lancar. Terima wifi OK, Pancar kembali juga OK. Koneksi juga bisa untuk beberapa gadget.

    Selanjut nya saya coba conek menggunakan hotspot berlangganan. Untuk masuknya nya tidak menngunakan WPA2 PSK, Dari provider hotspot saya beli vocher yang berisi code login dan pasword. Dalam hal ini saya tidak bisa terkonksi dengan hotspot tersebut, dikarenakan tidak ada halaman untuk masukan code login dan password. Saat browsing menggunakan gadget lain langsung di halaman google terbaca internet tidak terkoneksi. Tapi signal yang di pancarkan oleh MR3020 diterima di gadget. Mohon pencerahan Agan agan.

    Mohon maaf mungkin bahasa saya terlalu awam karena memang belum ngerti bahasa tehnik dari peralatan ini.

    Terima kasih banyak atas bantuan agan agan disini.
    ( agamumar312@gmail.com )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo terimakasih telah berkunjung di blog Dhamsky,
      bantu jawab yaa setau saya jaringan private seperti AP di Android itu tidak memiliki batasan dalam artian begitu terkoneksi langsung di berikan akses internet.

      berbeda dengan jaringan wifi publik di wifi publik di kendalikan menggunakan mikrotik di mana penyedia layanan dapat mengatur dan memberikan hak akses untuk menggunakan internet dengan cara menggunakan voucher sebagai id untuk mengakses internet, meskipun agan membuat wisp/wds menggunakan Openwrt DHCP akan masuk ke router yang mengclone wifi publik tersebut sehingga halaman login tidak muncul.

      Hal ini berbeda jika agan membuat wisp/wds secara langsung ke jaringan wifi publik tersebut.

      itusih menurut saya gan kenapa agan gak bisa muncul login id nya hehe

      Delete
  20. Trims atas jawabannya Agans "Idham Mulia" yang baik hati. Jika menggunakan Extroot bisa menyelesaikan masalah diatas apa tidak ya gan. Dengan extroot mungkin bisa di instal mesin pencari seperti chrome, mozila, opera dll. sehingga dengan menggunakan mesin pencari itu bisa muncul halaman untuk login dari Hotspot wifi. Kira kira bisa gans. Trims

    ReplyDelete
  21. nice share bro...
    sangat bermanfaat buat pemula seperti saya.
    tq

    ReplyDelete
  22. Mau nanya, kalo router dalam keadaan mati trus dinyalain, apa extroot otomatis jalan..?? Apa harus di reboot dulu baru bisa jalan..??
    Soalnya saya coba tutor extroot di blog lain, kalo pada posisi router mati, trus dinyalain, extroot belum jalan, jadi harus di reboot dulu..
    Thanks..

    ReplyDelete
  23. thnx gan...sangat membantu.....kalo untuk TL-MR3420 gimana caranya...apakah sama dengan MR3020...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo terimakasih telah berkunjung di blog Dhamsky,
      mantaapp hehe klo untuk tlmr3420 di coba aja gan sepertinya sih sama asalkan firmware nya openwrt :)

      Delete
  24. saya pakai fw exrooter, jadi 3 paket awal sudah include, flasdish juga sudah di rubah dari 2 partisi, 1 swap, 1ext4, saya cek dengan perintah ls /dev/ sudah terbaca sda1 dan sda2.tapi saat perintah blikd not found kenapa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      jika flashdisk sudah di ubah menjadi dua partisi dan sudah di taruh file exrooter di partisi yang di tetapkan, jika anda menggunakan hub pastikan FD tersebut berada di hub 1..
      dan untuk blikd itu untuk apa yaa..? seingat saya saya tidak menggunakan itu pada exrooter :)

      Delete
  25. Om Idham Mulya, mohon bantuannya saya sudah upgrade router TL-MR3020 menjadi openwrt, saya menggunakan firmware terbaru, tapi sizenya tidak cukup untuk install:
    1. opkg install block-mount
    2. opkg install kmod-usb-storage
    3. opkg install kmod-fs-ext4
    Yang terinstall cuma 1 dan 2, saya mau mencoba pake firmware old version yang om share, tapi linknya sudah mati.
    Tolong share kembali dong om.
    Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      mohon maaf sebelumnya link error ini saya upload di cloud storage berbeda : https://mega.nz/#!4xNQXBaC!613b4w0gr3hJIpAgs_sYnMko-MpkxH0j2i3fL_BR7i8

      semoga saja benar file itu openwrt yg saya gunakan soalnya beberapa waktu lalu saya sempat instal ulang laptop saya, jadi yg tersimpan di hdd saya saya menemukan file firmware tersebut :)

      Delete
  26. Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      silakan gann semoga sukses :)

      Delete
  27. maaf gan apa harus pake usb hub? kalo langsung colok flasdisk ke port router bisa gak? kalo flasdisk size 32gb boleh gak? maksih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      enggak juga gan usb hub itu untuk keperluan tambahan aja :)
      colok langsung juga bisa..
      hmmm untuk itu saya blum coba gan batasan kapasitas nya berapa kalo saya jawab bisa nanti malah kenapa napa >,<

      Delete
    2. oh gitu gan. kalo gitu pake yang 4gb aman kali ya?

      Delete
    3. oh iya gan flasdiak disini kegunaannya buat apa ya? system nya atau buat nyimpen data semisal untuk mesin download gitu?

      Delete
  28. gan. setelah selesai root openwrt bisa tidak untuk akses internetnya pake modem bolt, di colok ke usb router tp link. thaks sebelumnya atas jawabannya.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      untuk itu saya belum pernah coba gan mifi bolt di keneksikan dengan openwrt lewat usb, kalo sebagai client sih kemungklinann bisa gan :)

      Delete
  29. Hallo mas salam kenal, tutorialnya lengkap dan jelas sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      iyaa salam kenal juga gan :), hehee iya gan sekalian buat catatan saya hehe makanya di buat lengkap dan jelas...:)

      Delete
  30. terimakasih bro infonya sangat membantu, saya sedikit ada masalah bro saat download 3 paketnya. mohon bantuannya !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      pastikan terhubung koneksi internet gan :)

      Delete
  31. Hallo Om Dhamsky,klo tutorial buat music player & Mesin Downloader sudah dibuatin di blog ini Blm?
    soalnya di blog2 lain g detil dlm pnjlasanya, g sprti dsini mudah difahami<Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      untuk membuat musik player mdplayer itu blujm saya buat gan dan untuk membuat mesin download saya sudah membuat post yang ada di blog saya ini bisa di cek di http://dhamsky.blogspot.co.id/2015/02/membuat-mesin-download.html

      hehee saya nulis post sesuai dengan yang saya lakukan gan hehe dan sekaligus saya membuatnya untuk catatan saya hehe makanya saya buat sedetail mungkin hehee...

      Delete
  32. ane baru pertama kali ini exroot dan langsung sukses gan, makasih tutorialnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      ssiipp gan :D

      Delete
  33. Salam kenal mas Idham, saya pake MR3020 atau 3040 kasusnya sama mas, block-mount, kmod-usb-storage OK, nah kmod-fs-ext4 gagal karena space internalnya gak muat, misalnya package luci diremove dulu trus nanti diinstall lagi kira2 bisa gak ya?

    ReplyDelete
  34. setelah proses extroot selesai, apa flashdisknya bisa dicabut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru flashdisknya jangan dicabut, karena file file system udah dipindah ke flashdisk, kalau flashdisk dicabut ya gk bisa digunain

      Delete
  35. Membuat Extroot Di Openwrt Lengkap Dengan Gambar (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Membuat Extroot Di Openwrt Lengkap Dengan Gambar (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Membuat Extroot Di Openwrt Lengkap Dengan Gambar (Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!