Sunday 1 February 2015






Selamat datang di blog Dhamsky kali ini saya akan membahas mengenai OpenWrt.
apasih openwrt..? Openwrt menurut saya sendiri adalah distribusi linux untuk perangkat Router yang berupa Firmware.yang bisa merubah Router anda menjadi mini pc.

Openwrt memberikan kebebasan kepada pengguna untuk melakukan hal lebih terhadap Router yang sudah terinstal openwrtmembebaskan Anda dari pemilihan aplikasi dan konfigurasi yang disediakan oleh vendor Router dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan perangkat melalui penggunaan paket yang sesuai dengan aplikasi apapun
jadi anda bisa bebas menggunakan fungsi router anda sesuka hati anda

Router yang tadinya berfungsi sebagai :

  1. - AP (akses point)
  2. -WISP (wds)
  3. -3G (menggunakan isp Modem)
  4. -Clien (mengkoneksikan ke routerlain)

Kini dengan firmware OpenWrt Router anda bisa lebih dari itu..!!
dengan terinstalnya openwrt di router anda dan tidak menghilangkan fungsi utama si router, anda bisa melakukan penambahan fungsi pada router anda  sebagai berikut :

  1. -Anda bisa membuat CCTV pada router anda dari webcam pc anda yang sudah tak terpakai
  2. -Anda bisa membuat MUSIK PLAYER di router anda dan mengendalikan playlist di android anda 
  3. -Anda bisa membuat FILE SHARING  yang bisa di gunakan untuk mengirim file menginstal program tanpa harus repot colok cabut flashdisk cukup dengan terkoneksi ke Router yang sudah di instal Openwrt
  4. -Dan bagi anda yang suka Download tengah malam atau suka tinggal tidur PC/laptop untuk download file besar itu kasihan PC/laptopnya. bisa di gantikan  dengan Router yang sudah di instal firmware openwrt router bisa di jadikan mesin Download yang terus berjalan 24jam nonstop.
dan masih banyak lagi fungsi yang bisa di tambahkan fungsi di atas yang saya sudah lakukan pada mr3020 saya.
jadi openwrt itu memungkinkan router untuk bisa di pasangkan fitur lebih yang memberikan kebebasan pengguna dalam pemakaian yang di inginkan 
sekian postingan saya kaliini apabila ada salah dalam penulisan mohon di maafkan ;)

Sumber :- https://openwrt.org/
               - https://www.facebook.com/groups/openwrt



Categories:

39 comments:

  1. mantap tutorial pengenalan nya ....... semangat Bro.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoho iya om ini yang saya udah coba di mr3020 yang saya blom coba saya gak berani post hehe :P

      Delete
    2. Apasih Openwrt Itu..??(Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Apasih Openwrt Itu..??(Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Apasih Openwrt Itu..??(Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK yy

      Delete
  2. say baru pengen kenalan nih sama opnwrt, btw kalo misalkan kita udah nginstall openwrt nya di router, trus agak bingung cara pakainya, apa bisa di rollback lagi nggak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky, kenalan aja gan openwrt baik kok gak galak hehe kemungkinan yang akan di rasakan pada saat pertama kali install openwrt yaitu bingung letak dan konfigurasi nya itu saya alami pada saat pertamakali install openwrt hehe, jika sudah coba install namun agan bingung bisa kok di balikin ke firmware originalnya gan..:)

      Delete
  3. Malem gan makasih replaynya... Oh gitu ya, soalnya sy juga agak awam kalo sama os linux, katanya openwrt itu basenya linux ya gan?...
    Satu lagi nih gan pertanyaan saya, btw mr3020 agan udah di modif kyk gimana ya? Ane liat di youtube keren keren yg modifikasinya. Ada yg jd mp3 player, cctv, dll. Pengen bisa nih ngopreknya, tp berhubung sy awam juga di dunia per-elektro-an jd agak takut bongkarnya gan heheh... Terimakasih gan ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo gan ,iya openwrt itu base linux gan..
      kalo di tanya masalah modifikasi mr3020 itu saya udah mencoba membuat SAMBA(FileShare),CCTV,mp3Player,aria2(Mesin Download) baru ke empat fungsi itu gan, untuk selebihnya masih banyak lagi gan karena ke empat itu yang saya butuhkan hehe..
      kalo agan paham menggunakan linux ubuntu atau os linux lainnya mungkin di openwrt agan gak ada masalah gan.
      tapi kalo agan hanya ingin mendapatkan fiture seperti mjpgstreamer,aria2,bitorrent client,samba agan bisa pakai firmware Ext-ROOter gan dimana tanpa perlu menggunakan terminal untuk mensettingnya.

      Delete
  4. Mas maaf mau tanya,,ruter saya yg udh di upgrad openwrt,modemnya gk bisa konek kalo menggunakan usb hub,,,knp ya?..padhal kalo gk pake usb hub modemnya lancar...mohon penjelasannya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya itu bisa saja modem kekurangan daya power dan pastikan menggunakan hub jangan yang murah meriah karena bisa menimbulkan erorr yang gak jelas gan :) solusi coba ganti hub dengan yang menggunakan power tambahan
      cek post saya ini : http://dhamsky.blogspot.co.id/2015/11/jenis-hub-yang-di-gunakan-untuk-extroot.html

      Delete
  5. Baru terbuka dikit nih gan, tks berat ats pencerahannya. Ada info katanya udh bs terjemahin bahasa text d tv gan. Blh bljar step by step gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gan terimakasih telah mampir ,
      hehee terbuka yang lebar dong gan hehe, iya sama sama gan saling berbagi ilmu hehe hhmm kalo itu saya blum pelajari lagi saya baru tau gan kalo yang semacam itu , ada di blog saya kok gan step by step nya hee..

      Delete
  6. Mas, kalo buat face recognition untuk kunci pintu kira2 kuat dan bisa ga ya ?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa bisa bisa aja sih bro coba aja gabung di komunitas openwrt :)

      Delete
  7. Gan nice info, saya baru mau install openWRT, dapat tugas buat radio streaming menggunakan router mr3020, agan udh pernah nyoba gak? Minta pencerahan, atau bisa minta kontaknya kalau bisa silahkan balas lewat email ke rhasharyy@gmail.com mkasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Terimakasih telah berkunjung di Blog saya ..,
      kalo untuk radio streaming saya blum nyoba. banyak sih di Google yang setup mr3020 jadi radio streaming dan remote pakai smartphone kalo memang mau mencoba carilah di luar server lokal karena lebih banyak di luar server lokal yang ngebahas openwrt di server lokal masih minim :)

      Delete
  8. gan minta solusi nih pada router tplink MR-3220 , ane makek modem huawei E3131a dan disitus support tplinknya gak ada tuh modem & emng bner tuh modem gk kedetect. trs gmn gan ? mohon sulusi nya gan

    ReplyDelete
  9. Pengen ngoprek tapi gak tau caranya dan harus mulai dari mana. Ane punya mr3020 plus modem 3G/4G. Ada situs yg mengajarkan cara install open wrt yg mudah gak om?

    ReplyDelete
  10. Pengen ngoprek tapi gak tau caranya dan harus mulai dari mana. Ane punya mr3020 plus modem 3G/4G. Ada situs yg mengajarkan cara install open wrt yg mudah gak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky :),
      bantu jawab yaa..:) mungkin bisa menggunakan firmware exrooter itu lebih mudah dan simple :)

      Delete
  11. Gan boleh tanya dong.. ane make antena wajan bolic, didalam antena pake Tp Link WN722N, untuk dapat mengakses harus via pc/lepi yang sudah terinstal Tp Link WN722N nya.. nah saya kasihan sama lepi saya yang buat akses antena bolic ane.. misalkan di aplikasikan ke router yang openwrt kira2 bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky :),
      maaf gan sebelumnya saya belum pernah mencoba hal seperti itu :)
      akan tetapi jika fungsi Tp Link WN722N sebagai client ada kemungkinan sih seharusnya bisa jadi Tp Link WN722N, menggantikan fungsi port usb yang ada di openwrt yang seharusnya untuk modem di openwrt, itu sih menurut saya

      Delete
  12. Gan ini penjelasan tentang 722n di jadikan penangkap wifi dan router openwrt nnya di jadikan pemancar?? Ini harus pc nya hidup terus atw pc nya dinmatikan router nya tetap bisa mancar? Mohon penjelesanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan saya belum pernah coba..:)
      bantu jawab,
      tapi kalo dari openwrt di set dapat mengenali 722n kemungkinan tanpa pc bisa berjalan gan.

      Delete
  13. kalau install open wrt di mikrotik winbox bisa gx gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh saya belum pernah coba gann :) karna saya blum punya alat nya hehee..

      Delete
  14. gsn ane mau tanya...kalo buat client ip static gimana caranya..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      tinggal doi setting di bagian Router AP di bagian DHCP trus pilih yang address reservation dan silakan di tambah kan router client yang ingin di buat static

      Delete
  15. Halo gan... sy pny tp link speedy td w8151n.. apkah bs di openwrt ? Klo bisa, apakh bs dijadikn repeater ato penangkap sinyal wifi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo terimakasih telah berkunjung di blog dhamsky,
      untuk router yang dari speedy sulit gan firmware nya terkunci, kalao hanya untuk di jadikan repeater saja kan cukup menggunakan mode WDS yang ada di router tersebut gan :)

      Delete
  16. cara hard reset wr3020 gmn ya, sbbnya sy ada salah setting interfrace lan pada posisi firmware exroot

    ReplyDelete
  17. Gan punten mau tanya. Sekarang ini saya pake firmware v3 original di tplink mr3020 dan koneksi tersendat kalau pake modem 3g. Nah kalo diupgrade pake firmware open wrt kira2 bisa stabil ngga yah koneksinya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  18. gan saya punya tplink MR3020,saya mau koneksikan degan ip camera,yang bisa online dilihat dari jarak jauh,,bagaimana caranya gan??

    ReplyDelete
  19. Saya punya router 4g630 dan modem zte mf831 tidak konek, apakah di openWRT akan bisa berfungsi, dan yg mana yg di openWRT, modem atau router?

    ReplyDelete
  20. Kalo chache youtube gimana caranya bosquu? Mohon jawabannya.

    ReplyDelete
  21. Terima kasih ilmunya mas, sangat bermanfaat.

    saya mau tanya, apakah bisa untuk melakukan proses upload data yang telah di olah microcontroller ke server database?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan apakah bisa di berikan alamat ipv4 atau ipv6?

      Delete
  22. Apasih Openwrt Itu..??(Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Apasih Openwrt Itu..??(Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Apasih Openwrt Itu..??(Dhamsky) ~ Never Give Up >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!